8 Tips Menjadi Band Yang Sukses

8 Tips untuk menjadi band yang sukses


Dalam sebuah band tentu pasti ada banyak rintangan yang selalu menghadang, terutama untuk band dengan bergenre yang terbilang cukup unik dan belum bisa diterima oleh khalayak umum. Namun perlu anda tahu bahwa genre-genre unik tersebut malah banyak yang sudah di terima di Negara-negara lain dan mungkin juga sebentar lagi Negara kita juga akan menerimanya seperti Negara lain.
Untuk anda yang mempunyai genre yang terbilang unik, jangan berputus asa dulu ataupun membubarkan band anda. Alangkah baiknya anda mempertahankan band yang sudah anda bangun sejak lama atau baru tersebut.







Nah Sragenesia akan memberikan Tips agar band Anda menjadi band yang sukses




#1 Bangunlah keharmonisan antar personil
Tentu ini sangat perlu untuk menunjang kekompakan band anda nantinya. Tidak harus dengan latihan nge-band langsung melulu, anda cukup berkumpul, berkomunikasi, sharing sesuatu yang berkaitan dengan musik, saling terbuka, saling menerima, kalau ada sesuatu yang tidak enak katakanan atau redamkan amarah anda. Oya apabila ada masalah dengan teman atau personil anda. Jangan memposting kekesalan anda kepada teman anda di Sosial media dengan menyindir, soalnya itu kampungan, lebih baik katakanan saja, itu lebih baik. ( apalagi kalau anda seorang laki-laki ). Dengan berbicara terang-terangan kepada teman anda, anda dan teman anda akan saling terbuka dan bisa saling mengerti kekurangan satu dengan lainnya. Usahakan sifat angkuh dan ketidakterbukaan ini dihilangkan saat berdiskusi.





#2 Fokuskan Genre anda
Untuk genre sendiri terutama sebuah band harus konsisten terhadap genrenya. Ini sangat penting untuk membangun karakter dari band anda. Ketika band anda sudah mempunyai karakter, anda bisa mengembangkannya dengan menyampurkan genre lain tetapi tetap dalam satu genre anda sebelumnya.







#3 Latihan atau Ngeband
Sering-seringlah latihan atau nge-band. Apabila tidak ada waktu buat berkumpul, jangan memaksa teman anda atau personil anda untuk berkumpul dan ngeband, itu malah akan mengganggu mood dan konsentrasinya nantinya. Alangkah baiknya anda melatih kemampuan anda sendiri dirumah masing-masing. Mengasah skill yang belum mumpuni dengan meng-cover lagu-lagu yang mudah dan sulit untuk melatih anda agar lebih peka terhadap nada.








#4 Buat Lagu
Lagu ini sangat penting, terutama anda seorang musisi, musisi yang ingin menjadi terkenal bahkan go Internasional. Buatlah lagu sesuai karakter band anda, satukan perbedaan pendapat antar personil hingga menjadi satu genre yang nyata dan unik. Untuk Instrumentalnya sendiri susuaikan dengan skill dan genre anda, semakin unik semakin bagus. Tidak harus rumit, tapi menarik. Untuk Penulisan lirik ini juga sangat penting, alangkah bagusnya menulis lirik yang mudah di ingat dan tentunya bisa membuat perasaan orang-orang yang mendengarkannya agar menjadi terbawa dengan lirik anda. Ketika menulis lirik anda bisa mengasah skill menulis anda dengan pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, melalui buku, melalui cerita-cerita dan masih banyak lagi.








#5 Panggung
Ketika anda sudah mempunyai lagu. Anda bisa membawakan lagu-lagu anda ke panggung-panggung yang band anda pilih dan ingin menampilkan. Anda bisa mempromosikan lagu anda dengan menyanyikan lagu anda ke panggung tersebut.








#6 Promosi
Promosi ini penting banget. Apabila anda tidak mempunyai kemampuan yang cukup mumpuni untuk melakukannya dan mengembangkannya. Anda bisa menyewa seseorang untuk melakukannya. Usahakan orang tersebut terpercaya agar band anda  dan orang tersebut lebih mudah untuk mengelolanya.
Dalam promosi tentu anda nantinya akan membangun Sosial media entah itu dari Facebook, Twitter, Youtube , Instagram ataupun akan membuat website resmi untuk band anda. Selain itu anda juga bisa menjual lagu anda di Internet seperti Reverbnation, Soundcloud, iTunes, Spotify, dan lain-lain.
Untuk Rilisan Fisik atau CD sendiri nanti anda bisa bekerja sama dengan label yang nantinya akan memproduksi Album anda.








#7 Terus manggung
Namanya juga musisi, anda perlu manggung untuk menjadi sukses. Dengan itu juga mungkin anda bisa dilirik oleh label-label ataupun produser-produser besar disana yang melirik band anda.








#8 Submit band anda ke Acara besar
Submit band anda ke acara besar, sebagai contoh supermusicID, DCDC, dll. Dengan hal itu anda bisa memperkenalkan band anda kekhalayak luas. Tidak hanya dalam negeri tapi juga luar negeri.






Itu 8 Tips menjadi band yang sukses ala Sragenesia. Apabila anda ingin menambahkan sesuatu pada artikel ini, anda bisa meninggalkan komentar pada artikel ini. Kami sangat terbuka.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »