Selamat Tinggal MP3, Selamat Datang AAC/M4A!

Selamat Tinggal MP3, Selamat Datang AAC/M4A!

Mungkin sudah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal untuk MP3 dan selamat datang untuk AAC/M4a. masa kejayaan MP3 pun perlahan usai dan tumbuh lah format dan ekstensi baru sebagai penggantinya.




Sebagaimana yang dirilis NME bahwa The Fraunhofer Institute, Lembaga yang melahirkan MP3 memutuskan untuk tidak lagi meneruskan lisensi format atau ekstensi mp3 ini. Pihak yang bersangkutan mengganggap bahwa pihak MP3 sudah tidak relavan lagi pada era modern ini karena muncul berbagai format atau ekstensi baru dan memiliki kualitas yang lebih baik dari MP3. Format tersebut salah satunya adalah AAC (Advanced Audio Coding). ( Menurut Sragenesia sendiri Format ini lebih bagus karena tidak mengkompresi terlalu ekstrim seperti MP3 ).






Sebagai mana yang di ucapkan oleh perwakilan lembaga tersebut bahwa "(AAC) dapat menghadirkan lebih banyak fitur dan kualitas audio yang lebih baik pada bitrates yang lebih rendah dibandingkan MP3.”





Mungkin berdampak cukup besar untuk dunia musik yang anda kenali saat ini yang mana MP3 sebagai pemuas kebutuhan telinga anda setiap harinya ketika anda sedang merasa senang, jenuh, sedih, dan lain-lain. Namun pengaruh tersebut tidak akan lama, karena kebanyakan pengguna atau penikmat music digital sudah menggunakan format musik yang lebih modern seperti AAC/M4a.






Mungkin banyak sekali MP3 illegal yang beredar di Internet, namun di harap, sistem dari format AAC/M4a bisa dimanfaatkan lebih baik lagi dan tentunya bisa menguntungkan bagi musisi yang bekerja sebagai pencipta lagu. Dan semoga tidak muncul AAC/m4a Illegal yang mempunyai kualitas kompresi yang rendah alias tidak seperti AAC/M4a pada umumnya.
Semoga AAC/M4a tetap terjaga kualitasnya dan ke-orisinil-annya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »